MENJARING ASPIRASI MASYARAKAT LEWAT TEMU KONSTITUEN

Nurjannah Ketua Kelompok Konstituen Bahagia yang merupakan Perempuan Kepala Keluarga Mempunyai 3 Anak, 2 Laki-laki dan 1 Perempuan telah menfasilitasi Reses Andi Fudail Anggota DPRD Kota Parepare dapil Soreang, Jumat tanggal 27 Oktober 2023.

Kegiatan ini dihadiri 82 orang terdiri dari perempuan 51 orang dan laki-laki 31 orang.

Temu konstituen ini bertempat di halaman rumah Erna Abbas, salah satu anggota Kelompok Konstituen Bahagia dari divisi Ekonomi jalan H.A.M.Arsyad Lorong Pusri Kelurahan Watang Soreang.

Dalam sambutannya, Nurjannah menyampaikan “permintaan terimah kasih kepada warga yang sudah hadir di kegiatan ini guna mengikuti dan menyampaikan aspirasinya pada reses ini,tak lupa terimah kasih kepada Andi Fudail karena sudah memberikan kepercayaan penuh dalam kegian reses ini” ungkapnya.

Andi Fudail menyampaikan “Reses ini disebut juga sebagai temu konstituen dan penjaringan aspirasi Masyarakat, semua peserta yang hadir akan diberikan selembar kertas dan pulpen untuk menulis aspirasinya”

“Semua aspirasi yang disampaikan akan kami dimasukkan dalam perencanaan dan akan ditindak lanjuti ke SKPD Terkait secara bertahap” katanya.

Metode ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasinya, karena tidak semua peserta bisa berdiri dan menyampaikan secara langsung aspirasinya .

Reses ini terasa berwarna dari temu konstituen lainnya, karena memberikan ruang dialog dengan Anggota DPRD untuk menyampaikan langsung aaspirasinya.

Naharia dari kelompok Konstituen Bahagia (divisi LBK) secara langsung menyampaikan “bahwa kami ada kelompok di mana dalam kelompok tersebut banyak pelaku UMKM tentunya mempunyai banyak kebutuhan, bukan hanya pada pengadaan peralatan akan tetapi bagaimana cara pengemasannya agar terlihat cantik bisa menarik perhatian konsumen” ungkapnya.

“Setelah ada produk dan bagaiamana cara pemasarannya agar usaha kelompok ini bisa berkembang ,karena saat ini banyak kelompok UMKM yang usahanya timbul tenggelam karena tidak adanya dukungan dari pemerintah” sambungnya.

Nurjannah juga menambahkan “kelompok konstituen ini merupakan dampingan dari Program INKLUSI – YLP2EM, yang memberikan penguatan kapasitas dan skil untuk melakukan advokasi dan layanan bagi Masyarakat, serta memberikan keberanian untuk melakukan negosiasi dengan pemerintah daerah dan anggota legisltaif dalam menyampaikan aspirasi baik secara tertulis maupun secara langsung” katanya.

Andi Fudail menanggapi baik aspirasi tersebut “saya akan menindak lanjuti aspirasi ibu dan menghubungkannya dengan dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perdagangan yang tentunya Insya Tahun depan baru bisa direalisasikan” ucapnya.

Penulis : Sappe Angka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *